Jumat, 12 Mei 2017

Penyebab Dan Gejala Penyakit Typus

Penyakit typus merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada usus. Penyakit ini termasuk mudah menular, karena disebabkan oleh bakteri salmonella.
Penyebab penyakit typus:
Penyebab typus diakarenakan adanya bakteri yang bernama salmonella thypi (S.Thypi) yang menyerang tubuh seseorang, ini merupakan salah satu penyakit akut yang berhubungan dengan demam dan gejala-gejala lainnya yang menyertai. Selain itu, penyebab penyakit typus juga dapat disebabkan oleh salmonella paratyphi, bakteri yang biasanya menyebabkan penyakit yang kurang parah. Bakteri S.Thypi biasanya berada dalam air atau makanan oleh operator manusia dan kemudian menyebar ke orang lain di daerah tersebut.
Gejala-gejala penyakit typus:
1.       Lidah berwarna putih
Seseorang yang menderita penyakit typus lidah bagian tengah akan berwarna putih dan pinggir-pinggirnya berwarna merah, dan jika lidar dikeluarkan akan bergetar.


2.       Denyut nadi melambat
Pada umumnya jika orang mengalami panas maka denyut jantung akan meningkat 10 persen setiap kali terjadi kenaikan suhu sebesar 1 derajat celsius, namun tidak halnya bagi penderita demam typus.
3.       Demam atau badan panas
Penyakit typus biasanya disertai dengan demam atau badan pansa selama beberapa hari, suhu badan sangat tinggi hingga 40 derajat celsius yang disertai dengan sakit kepala, lemasdan lemah.
4.       Perubahan pola Buang Air Besar
Pada penderita typus akan disertai dengan perubahan pola BAB, misalnya akan mengalami diare saja atau bahkan tidak bisa buang ait besar.
5.       Sakit perut, mual dan muntah
Orang yang menderita typus biasanya akan mengalami sakit perut disebalah kiri, sedangkan maag terasa sakit diperut bagian atas atau ulu hati.
Tanda-tanda penyakit typus:
–          Perut kembung
–          Nyeri perut
–          Muntah
–          Mual
–          Sembelit
–          Diare
–          Tidak nafsu makan
–          Lesu
–          Tidak enak badan
–          Kepala sakit dan pusing
–          Demam yang semakin meningkat
Baca Artikel atau Informasi Terkait Tema Tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami