Kamis, 19 Maret 2015

Penyebab Bayi Lahir dalam Keadaan Prematur

Melahirkan bayi prematur tentu saja tidak diharapka oleh semua orang tua. Karena, bayi prematur lahir ketika usia kandungan ibu kurang dari 37 minggu dengan berat badan di bawah normal yaitu kurang dari 2,5 kg. Hal ini menyebabkan organ-organ tubuh bayi tidak berfungsi dengan baik dan berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

Namun apakah anda tahu apa yang menyebabkan bayi lahir dalam keadaan prematur?

1.       Kondisi psikologis

Kondisi psikologisibu hamil yang sering merasa cemas, stres, hingga depresi dapat mempengaruhi bayi lahir prematur.

2.       Kondisi janin

Faktor kondisi janin seperti pertumbuhan janin terhambat, infeksi dalam kandungan dan simpul tali pusat yang bisa menghambat pertumbuhan bayi.  Janin pun harus diberi gizi yang cukup agar tak lahir prematur.

3.       Riwayat kehamilan

Riawayat kehamilan pada sang ibu juga dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Misalnya, pernah melahirkan bayi prematur sebelumnya, pernah keguguran, dan melakukan aborsi.

4. Merokok

Melahirkan bayi prematur dapat disebabkan oleh gaya hidup si ibu yang tidak sehat seperti merokok, minum-minuman keras dan mengkonsumsi obat terlarang.

5.       Ibu tidak sehat

Kondisi kesehatan ibu yang kurang baik sangat mempengaruhi kondisi janin.  Misalnya, ibu mengalami preeklamsi yaitu hipertensi pada kehamilan dan eklamsi atau kehamilan disertai kejang dan hipertensi berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami