Kamis, 19 Maret 2015

Kecerobohan yang Dapat Membahayakan Bayi

Hal-hal sepele yang tidak pernah disadari oleh orang tua dapat mencelakakan bayi. Maka dari itu, bersikaplah hati-hati dan cermat ketika sedang bersama anak.

Ini dia kecerobohan-kecerobohan yang dapat membahayakan bayi:

1. Ketika anda sedang memandikan bayi, lalu bel pintu rumah anda berbunyi atau telepon berbunyi. Anda bergegas meninggalkan bayi tanpa sadar dalam keadaan bayi di bak mandi.

Hal yang tepat: Sebaiknya angkat dulu bayi, lalu bungkus dengan handuk dan bawa bayi sambil membuka pintu atau menjawab telepon. Atau letakkan dulu bayi anda dalam boks.

2. Ketika anda sedang menggantikan popok atau mendandani bayi di atas baby taffel lalu akan mengamil beda di lemari lain yang tempatnya tinggi. Dan sesaat anda lalai, maka bayi akan terjatuh.

Hal yang tepat: Yakinkan segala yang anda butuhkan sudah berada di dekat anda sebelumnya.

3. Ketika anda menggendong bayi saat memasak dan anda sedang memegang cangkir berisi teh atau kopi panas. Anda menggerakan bayi sangat cepat dan kerap tak terduga bayi terkena air panas itu hingga mengalami luka bakar.

Hal yang tepat: Harusnya memasak dan menggendong bayi tidak bisa dilakukan secara bersamaan, pilihlah salah satu dulu.

4. Ketika anda sedang mengambil nasi dari rice cooker, bayi merengek minta digendong dan anda langsung menggendongnya.

Hal yang tepat: Harusnya tutup dulu rice cooker, baru menggendong anak. Karena uap panas yang keluar dari rice cooker dapat membuat kulit bayi melepuh.

5. Ketika anda sedang membersihkan rumah dengan menggunakan vacum cleaner. Anda membiarkan bayi bermain di dekat alat tersebut dengan alasan agar tetap terlihat ibu. Hal tersebut bukan hanya berbahaya karena dekat aliran listrik, tapi juga jemari kecilnya dapat mudah tersedot.

Hal yang tepat: Mintalah bayi untuk bermain di kamarnta. Karena anak malah bisa terkena debu jika tetap berada di dekat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami