Senin, 21 Januari 2019

Pilek dan Flu, Apa Perbedaannya?



Musim hujan sudah tiba. Jaga kesehatan dengan baik, karena pada musim penghujan banyak orang mudah terkena pilek atau flu. Kebanyakan orang menganggap bahwa pilek dan flu itu sama. tapi tahukah Anda, bahwa ternyata pilek dan flu itu dua penyakit yang berbeda. Keduanya memang memiliki gejala yang hampir sama. Sama-sama menyerang saluran pernafasan. Mari kita bahas apa perbedaan antara pilek dan flu atau influenza ini, terutama dalam gejalanya.

PERBEDAAN PILEK DAN FLU

Pilek


Pilek adalah infeksi saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh virus. Dari 100 jenis virus penyebab pilek yang berbeda. Umumnya, pilek disebabkan oleh rhinoviruses, adenovirus dan coronaviruses, yang bisa mendatangkan malapetaka pada sinus Anda.

Setiap orang bisa terkena pilek setiap saat, minimal dua sampai tiga kali dalam setahun. Namun, pilek paling sering terjadi pada musim dingin atau musim hujan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan virus pilek mudah berkembang dalam suhu rendah (dingin) dan udara yang kering.

Pilek ditularkan melalui tetesan air dari batuk atau bersin yang dikeluarkan oleh penderita. Tetesan ini kemudian menempel di berbagai permukaan barang-barang di sekitar seperti meja, baju, gagang pintu, dan benda lainnya. Saat seseorang menyentuh permukaan tersebut dan kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata, maka virusnya akan berpindah masuk ke dalam tubuh.

Penularan ini paling cepat terjadi dalam dua sampai empat hari pertama setelah Anda terkena virus pilek. Karena itu, Anda dianjurkan untuk beristirahat di rumah agar tidak menularkannya pada orang lain.

Flu

Influenza atau flu dapat disebabkan oleh tiga jenis virus flu, yaitu influenza A, influenza B, dan inluenza C. Berbeda dengan pilek yang dapat terjadi sepanjang tahun, untuk kasus flu biasanya lebih musiman dan banyak disebabkan oleh influenza tipe A dan B.

Cara penularan flu sama dengan pilek, yaitu dengan terhirupnya butiran air yang mengandung virus flu ke dalam tubuh. Berbeda dengan pilek biasa, flu dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti pneumonia. Hal ini sangat rentan terjadi pada anak muda, orang tua, wanita hamil, dan orang dengan sistem imun yang lemah seperti asma, penyakit jantung, atau diabetes.

PERBEDAAN GEJALA PILEK DAN FLU

Gejala pilek



Gejala pilek cenderung lebih ringan daripada flu, di antaranya adalah:
  • Sakit tenggorokan, yang biasanya hilang dalam satu atau dua hari.
  • Hidung tersumbat atau hidung berair.
  • Bersin.
  • Batuk dengan dahak berwarna hijau atau kuning.
  • Sakit kepala (kadang-kadang).
  • Badan lemas.
Lendir atau ingus yang keluar saat pilek biasanya berwarna bening selama beberapa hari pertama. Namun, tekstur ingus akan kian menebal dan menjadi lebih gelap, menandakan bahwa ada upaya perlawanan infeksi virus di dalam tubuh Anda. Meski demikian, pilek biasanya cepat membaik dalam kurun waktu 7 sampai 10 hari.



Gejala Flu


Sementara itu, gejala flu datang lebih cepat dan lebih parah dari gejala pilek. Beberapa gejala flu tersebut di antaranya. 


  • Demam tinggi selama 3-5 hari, meski tidak semuanya merasakan demam.
  • Sering sakit kepala berat.
  • Batuk kering.
  • Sesekali sakit tenggorokan.
  • Badan gemetar dan menggigil.
  • Nyeri otot sekujur tubuh.
  • Kelelahan parah hingga 2 sampai 3 minggu.
  • Mual dan muntah, paling sering terjadi pada anak-anak.

PENCEGAHAN


Cara terbaik untuk mencegah pilek adalah dengan menghindari paparan, termasuk orang yang sedang sakit dan tidak saling pinjam barang-barang pribadi secara bersamaan, misalnya sikat gigi atau handuk. Di mana pun Anda berada, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk menghindari kemungkinan penularan virus dari berbagai benda yang Anda pegang.

Jika Anda sudah mulai merasakan gejalanya, Anda bisa meminum tablet zinc atau vitamin C secara teratur. Minum lebih banyak air hangat dan lebih banyak istirahat. Lalu mengkonsumsi makanan yang bisa membantu menekan gejala pilek atau flu. Hal ini akan kita bahas dalam postingan selanjutnya.

Sumber :



1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami