Sabtu, 21 Maret 2015

Apakah Bayi yang Baru Lahir Harus Digunduli? Mengapa?


Akar rambut terbentuk sejak janian berusia 8 minggu dan akan terus berkembang hingga lahir. Rambut pertama diistilahkan dengan velus, meski tidak dapat digeneralisasi namun umunya rambut bawaan ini sangat tipis. Tiap helainya pun jauh lebih halus dibandingkan dengan helai rambut orang dewasa. Namun banyak pepatah mengatakan bahwa rambut bawaan tersebut haruslah digunduli, mengapa seperti itu? Karen terdapat beberapa manfaat jika rambut bayi digunduli, diantaranya:

Bayi akan mudah beradaptasi dengan lingkungan ata udara di sekitarnya, karena kulit kepalanya yang tidak berambut.Ibu akan mudah mendeteksi adanya masalah di kulit kepala bayi seperti bisul, iritasi atau luka.Pada saat bayi melewati jalan lahir, banyak sekali lemak dan kotoran ibu yang dapat menempel pada tubuhnya, termasuk pada rambut bayi. Maka dari itu, dengan mencukur rambut akan mengangkat sisa-sisa lemak dan kotoran tersebut sehingga dapat mencegah timbulnya kerak di kepala (dermatitis seboroik).

Setelah dicukur, maka rambut bayi akan tumbuh kembali. Ada yang kembali seperti saat lahir, ada pula yang bertambah lebat atau sebaliknya menjadi lebih sedikit. Hal ini dipengaruhi karena faktor genetik dari orang tua, juga bisa dari nenek atau kakeknya. Yang terpenting kebersihan rambut bayi harus selalu dijaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami