Kamis, 19 Maret 2015

Kenapa Bayi Sering Kaget Disaat Tidur?

Bayi sering kaget sebenarnya merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi. Menurut berbagai sumber medis, dikatakan bahwa rasa kaget tersebut sebenarnya merupakan refleks yang sifatnya normal dan herus dimiliki setiap bayi, walaupun beberapa pendapat mengatakan bahwa tindakan tersebut justru dapat membahayakan bayi.

Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas tidur bayi:

-          Faktor lingkungan: Suara gaduh, suhu yang terlalu panas atau dingin, serangga (nyamuk) dan gangguan lainnya dapat mengganggu kualitas tidur bayi anda.

-          Gizi dan nutrisi: Seringkali bayi terbangun karena merasa lapar atau haus, maka dari itu cukupilah ASI dan nutrisi pada bayi anda.

-          Selain itu, sikap orang tua yang sering membangunkan anaknya untuk minumsusu bila bayi sedang tertidur membuatnya lebih sering terjaga.

Tips mengenai bayi yang suka kaget ketika sedang tidur:

Segera beri tindakan yang dapat menenangkan bayi dengan cara membelai kepala atau dada bayi.Lakukan pijatan relaksasi dapat dijadikan pertimbangan agar bayi tidak mudah kaget.Jika tindakan menghindari pemicu rasa kaget pada bayi sudah dihindari, maka lakukan upaya preventif agar bayi tidak sering merasa kaget lagi.Hindari beberapa pemicu yang dapat membuat bayi kaget, contohnya suara keras yang terdengar tiba-tiba, posisi menggendong bayi yang kurang nyaman, terbentur pada bagian kepala, suasana kamar yang terlalu gelap atau bahkan popok yang sudah penuh oleh air kencing atau BAB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami