Kamis, 16 April 2015

8 Macam Virus Beserta Cara Penularannya

Virus merupakan parasit berukuran mikroskopik yang dapat menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.
Berikut macam-macam virus beserta cara penularannya:
1.       Poliomyelitis (Virus polio)
Virus ini biasanya akan menyerang sistem saraf pada sistem alat gerak balita yang dapat menyebabkan kelumpuhan anggota gerak bagian bawah. Penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan vaksin polio pada balita.
2.       Virus rabies
Virus ini biasanya akan menyerang sistem saraf hewan maupun manusia. Penyakit ini dikenal dengan penyakit anjing gila. Cara penularan penyakit ini melalui gigitan hewan anjing, kucing, atau kera yang menderita rabies.
3.       Orthomyxovirus
Virus ini biasanya dapat menyebabkan penyakit infl uenza. Gejalanya panas tubuh tinggi, sesak nafas, keluar lendir pada rongga hidung, nafsu makan berkurang, pusing kepala, batuk, dan demam.
4.       Paramyxovirus
Virus ini akan menyebabkan penyakit gondong. Virus ini menyerang kelenjar parotis, sehingga menimbulkan bengkak atau radang pada rahang. Yang menyebabkan penyakit infeksi kelenjar ludah. Penyakit ini dapat menular melalui kontak sentuhan maupun udara (seperti bersin).
5.       Adenovirus
Virus yang dapat menginfeksi saluran pernapasan, mata, usus, dan saluran kemih. Selain menyerang saluran pernapasan virus ini juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti gastroenteritis, konjungtivitis, sistitis (infeksi kandung kemih), dan penyakit ruam.
6.       Human Papilomavirus HPV
Virus ini dapat menyebabkan kutil pada manusia dan dapat menyerang sel-sel kulit dan dapat menyebabkan kanker, gejala awalnya dalah munculnya benjolan kulit.
7.       Herpes Simplex virus
Virus yang menyebabkan penyakit herpes, cara penularannya ialah dengan cara menyerang membran mukus (lendir) pada mulut, alat kelamin, dan kulit.
8.       Measles virus
Virus ini dapat menyebabkan penyakit cacar dengan cara menyerang sel kulit yang memiliki gejala awal demam, pilek, muncul luka cacar dimulai dari wajah hingga ke seluruh tubuh.
Jika anda ingin berhati-hati dengan cara mencegah atau mengobati virus, herbal anti virus solusinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami