Kamis, 16 April 2015

Apa Sih Manfaatnya Imunisasi Bagi Bayi dan Anak?

Imunisasi merupakan prosedur pencegahan penyakit menular yang diberikan kepada bayi dan anak. Sejak awal kelahiran bayi diwajibkan agar diberi imunisasi. Walaupun terkadang disertai demam, namun pemberian imunisasi tetap harus diberikan untuk mencegah dari penyakit-penyakit yang membahayakan.
Ini dia manfaat imunisasi bagi bayi dan anak:
1.       Hepatitis B
Hepatitis B merupakan penyakit infeksi hati paling berat yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini berbahaya karena belum ada pengobatan untuk menyembuhkannya. Pemberian vaksin hepatitis B dapat melindungi hingga 96% selama 5 tahun. Setelah lewat 5 tahun dapat diberikan tambahan vaksin untuk memperpanjang daya lindungnya bagi tubuh.
2.       BCG
Pemberian vaksin BCG ditujukan untuk mencegah penyakit TBC. Penyakit TBC menyerang paru-paru dan bisa menular terhadap orang lain. Vaksin BCG dapat mulai diberikan pada saat lahir dan diulang pada saat anak umur 5 tahun dan 10 tahun. Cara pemberian vaksin BCG adalah melalui suntikan pada lengan atas.
3.       Polio
Nama lengkap polio adalah poliomielitis. Cara penularannya melalui percikan ludah, makanan atau minuman yang telah tercemar virus polio. Pemberian vaksin polio dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama, OPV, dimana vaksin dilakukan melalui oral atau dengan cara diteteskan pada mulut. Cara kedua adalah dengan IPV, yaitu pemberian vaksin melalui injeksi atau suntikan. Vaksin polio dapat diberkan sejak seminggu setelah lahir dan diulang 5 kali sampai usia 5 tahun.
4.       DPT
Virus DPT dapat menular melalui percikan ludah pada waktu batuk, bersin, atau berbicara, juga dapat melalui media seperti saputangan, handuk, atau alat makan yang telah tercemar virus. Sedang tetanus menular melalui luka, congek atau tali pusat yang tidak steril. Pemberian DPT biasanya melalui suntikan pada paha. Pemberian vaksin DPT dapat mulai diberikan pada saat anak berumur 3 bulan. Vaksin ulangan dapat diberikan setiap 5 tahun.
5.       Campak
Campak dikenal dengan nama tampak. Penularannya melalui pernafasan dari penderitanya. Pemberian vaksin dapat diberikan saat anak berumur 9-14 bulan dan diulang dengan pemberian vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella / campak Jerman).
Imunisasi tambahan:
-          Influenza
Vaksin untuk mencegah penyakit Influenza.
-          Varicella
Vaksin untuk mencegah penyakit varicella atau lebih dikenal dengan cacar.
-          MMR
Vaksin untuk mencegah terjadinya campak dan campak Jerman. Singkatan dari Measles, Mumps, Rubella.
-          Rota
Vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus Rota.
-          HIB
Vaksin untuk mencegah penyakit Hoemoohiuf atau Nounzop tipe B.
-          PCV
Vaksin untu mencegah penyakit radang paru-paru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami