Rabu, 12 Desember 2012

ARTIKEL


Manfaat Wudhu secara Medis
                Prosesi wudhu yang baik serta diikuti dengan sikap sempurna dan hati hudhur dalam shalat akan memengaruhi kesehatan tubuh menjadi semakin baik,wajah yang berseri,dan terlihat awet muda dan mampu mencegah 17 macam penyakit serius,antara lain penyakit mata,telinga,hidung(termasuk sinusitis),radang tenggorokan,penyakit pernapasan(seperti batuk dan paru-paru),penyakit jiwa,dan penyakit kulit.
                Pembersihan wajah pada saat wudhu terlebih jika disertai pemijatan akan merangsang pertumbuhan jaringan kolagen dan melancarkan peredaran darah di wajah.Wajah pun akan tampak cerah dan sehat.Allah Swt. Berfirman dalam Surah Al-Fath ayat 29,”Mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridhoan-Nya,pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud.”
Tanda-tanda bekas sujud bermakna bahwa orang yang berwudhu secara baik,wajahnya menjadi bersih bercahaya,kulitnya bewarna rata dan indah,serta tidak kusam.Pada wajah yang bercahaya itu tampak sinar tawadhu,yaitu ciri hamba Allah Swt.yang menyadari keberadaanya sebagai khalifah.Orang seperti  ini,kehadirannya akan dirindukan oleh banyak orang dan hatinya selalu tersirami dengan rahmat Allah Swt.Sehingga menjadi bahagia dan sejahteralah hidupnya.
                Membasuh lengan yang disertai pemijatan sederhana akan menggerakan chi pada organ-organ tersebut serta menstabilkan hawa panas dan dingin di dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko rematik karena pada lengan terdapat banyak titik akupunktur yang berkorelasi terhadap berbagai organ tubuh.
                Membasuh rambut yang di lakukan ke seluruh kepala dan di sertai pemijatan di kulitnya,mampu membersihkan kepala dari kotoran dan memperbaiki aliran chi di kepala dan organ-organ vital terkait untuk mencapai keseimbangan energy tubuh.
Cara mencuci telinga yang benar adalah dengan membasahi kedua tangan dengan air.Kemudian,ratakan air ke seluruh permukaan daun telinga sambil di pijat ringan.Pijatan ini bermanfaat terutama pada penderita penyakit metabolic karena pada permukaan telinga terdapat 73 titik akupunktur yang sangat penting.
Batas pencucian kaki hingga mata kaki,yaitu batas kemungkinan terjadinya kontak dengan berbagai kotoran.Titik-titik akupunktur kaki merupakan titik jauh yang banyak digunakan untuk merangsang metabolisme organ-organ penting manusia.Pemijatan pada kaki sangat bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami