Kamis, 13 Desember 2012

Mengenal Penyakit dan Pengobatannya


Pengobatan Untuk Jantung Koroner
Serangan jantung terjadi karena adanya penyempitan pembuluh nadi koroner yang memasok atau menyuplai darah ke jantung.Akibatnya aliran darah yang masuk ke jantung melalui sebagian daerah otot jantung tersumbat atau berhenti sama sekali,sehingga terjadi kerusakan berat pada jantungJika aliran darah berkurang dalam tempo yang lama,sel-sel otot jantung akan mengalami cidera,dan sulit untuk dapat sembuh lagi.Kegagalan jantung yang terjadi tergabtung dari seberapa besar otot jantung yang mengalami kerusakan.
Gejala-Gejala Serangan Jantung
1. Rasa nyeri yang mencekam di dada kiri atau di dada bagian tengah dan berlangsung beberapa menit,
2. Rasa nyeri bisa menjalar ke seluruh dada,bahu,lengan,leher,bahkan punggung dan bawah mulut(rahang),serta ke sisi dalam lengan kiri.
3. Perasaan tidak enak di dada disertai kepala terasa ringan,seperti mau jatuh,berkeringat dingin,sesak napas,serta mual dan muntah.
Faktor  Resiko  Penyebab Serangan Jantung
Selain faktor keturunan,ada juga faktor lainnya yang meningkatkan resiko penyakit jantung koroner,yaitu: pertambahan usia(di atas 40 tahun),kadar kolestrol tinggi,perokok berat, kelebihan berat badan,kadar gula yang tinggi,hipertensi.Tekanan darah yang tinggi yang terus bertambah akan meningkatkan beban jantung dan mengakibatkan jantung menebal,membesar dan melemah.
Pencegahan dan Pengobatan
Pencegahan serangan jantung dan kematian pada Penderita Jantung Koroner(PJK) perlu dilakukan sejak dini.Pencegahan ini akan memperkecil faktor resiko penyebab serangan jantung dan menentukan beratnya kerusakan,keluhan atau gejala-gejala yang terjadi pada seseorang yang berpeluang terkena PJK karena faktor keturunan.Jika diperlukan,lakukan tes EKG(elektro kardio gram)dan tes-tes lainnya untuk menentukan diagnosis.
Pencegahan atau Pengobatan bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun kemangi 30 gram,brokoli 40 gram,jahe merah 1 jari,kucai 30 gramkencur 20 gram,dan air 4 gelas(800 ml).Semua bahan di cuci bersih,diiris tipis,direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas,kemudian di saring.Diminum 3 kali sehari selagi hangat,sekali minum setengah gelas.Bisa ditambahkan gula merah secukupnya.Apel 1 buah,belimbing manis setengah buah,anggur merah(dibuang bijinya)5 buah,kismis 6 biji,brokoli 30 gram,dan air stengah gelas(100 ml).Semua bahan di cuci bersih,diiris kecil,kemudian di jus hingga lembut.Di tambah 2 sendok makan air perasan jeruk nipis,diminum pada pagi hari sebelum makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami