Selasa, 02 Desember 2014

Yang Perlu Diwaspadai Saat Usia 8 Bulan Kehamilan

Usia kehamilan 8 bulan merupakan masa-masa paling mendebarkan khususnya bagi calon ibu yang baru mengandung untuk pertama kalinya. Pada usia 8 bulan janin yang dikandung hampir sempurna, dan hanya menunggu sebentar lagi untuk dilahirkan kedunia. Walaupun resiko bayi dalam kandungan diusia 8 bulan sudah berkurang, tetap kita harus memperhatikan setiap detil perkembangannya dengan maksimal.

Berikut hal-hal yang perlu diwaspadai saat usia 8 bulan kehamilan:
  1. Ikutilah senam kehamilan agar dapat melahirkan dengan lebih mudah dan cepat. Memperbanyak jalan-jalan juga dapat membantu mempersiapkan fisik ibu menjelang kelahiran sibuah hati.
  2. Tidak perlu panic saat mengalami kontraksi pada usia kehamilan ini. Karena kontraksi yang terjadi itu adalah hal normal yang merupakan olahraga atau latihan alami yag dialami rahim ibu demi menyambut proses melahirkan yang semakin dekat. Maka dari itu seringlah berkonsultasi dengan dokter atau bidan agar tidak memiliki masalah.
  3. Perlu diperhatikan juga bahwa pada usia 8 bulan kehamilan, janin menyempurnakan pembentukan organ indera penglihatan beserta fungsinya. Bagian-bagian mata telah mulai terbentuk sempurna bahkan telah dapat berkedip. Ibu dapat merasakan apakah bayinya sedang bangun atau tidur.
  4. Berbeda dengan masa kehamilan diusia 6 bulan, dimana janin sedang dalam masa-masa paling aktif, tetapi diusia 8 bulan janin menjadi lebih tenang. Berat tubuh janin juga akan bertambah, maka dari itu jangan banyak bergerak agar janin merasa nyaman.
  5. Tetap menjaga pola makanan, maka dari itu pola makanan sehat juga memberi pengaruh kuat terhadap pertumbuhan otak dan berimbas pada kecerdasan sang buah hati. Karena apa yng ia serap adalah apa yang pa yang ia makan melalui ibunya. Maka dari itu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi dan bersuplemen.
Gejala yang muncul pada saat usia 8 bulan kehamilan:
  1. Sering kencing
  2. Merasa sakit punggung
  3. Mudah sekali lelah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami