Rabu, 18 Februari 2015

Efek samping yang timbul dari menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasespsi memiliki banyak variasi, jenis dan macamnya. Alat tersebut digunakan untuk menunda, memberi jarak dan menghentikan kehamilan. Banyak jenis alat kontrasepsi yang digunakan para ibu atau wanita seperti kontrasepsi mekanin, hormonal dan mantap. Masing-masing alat kontrasespsi tersebut memiliki efek sampingnya.
Berikut efek samping yang timbul dari menggunakan alat kontrasepsi:
1.       Perasaan, emosi atau mood yang sering berubah-ubah
Beberapa wanita ada yang mengalami perubahan mood atau perasaan emosi yang sering berubah tak menentu. Kemungkinan hal tersebut dianggap wajar karena beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan alat kontrasepsi.
2.       Mengalami penurunan gairah seksual atau libido
Beberapa jenis pil KB ada yang menimbulkan efek samping seperti terjadinya penurunan gairah seksual atau libido seorang wanita maupun pasangannya.
3.       Mengalami perdarahan
Menurut Dr. Hilda Hutcherson, ia mengungkapkan bahwa perdarahan merupakan efek samping yang banyak dirasakan oleh beberapa wanita yang menggunakan alat kontrasepsi jenis pil atau implan.
4.       Timbul rasa mual ingin muntah
Rasa mual yang disertai ingin muntah merupakan gejala yang wajar dan biasa dialami ileh wanita yang menggunakan alat kontrasepsi berupa pil.
5.       Timbul rasa nyeri kepala, pusing dan payudara terasa kencang
Menurut seorang dokter kandungan Hilda Hutcherson, bahwa seorang wanita yang memilih menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi akan menimbulkan efek samping seperti nyeri kepala, sering mengalami pusing dan payudara terasa kencang atau tegang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami