Selasa, 13 Oktober 2015

Cara Alami Mengobati Tifus

Berbagai pengobatan bisa dilakukan untuk penyembuhan penyakit typus, mulai dari cara medis sampai cara tradisional atau menggunakan obat alami. Menggunakan obat alami dalam penyembuhan penyakit tipes memang sangat disarankan karena tidak mempunyai efek samping, Dibandingkan dengan menggunakan pengobatan dengan cara medis. Akan tetapi menurut sebagian masyarakat lebih memilih pengobatan secara medis, mungkin karena penyembuhan dengan obat alami memerlukan proses pencarian obat dan pengolahannya.

Nah, tahukan anda penyebab terjadinya penyakit tipes? Penyakit tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang di akibatkan atau ditularkan oleh bakteri salmonella melalui media makanan atau minuman. Gejala yang bisa dilihat saat seseorang terkena penyakit ini yaitu badan terasa meriang (panas dingin), tubuh lemah. Penyakit ini biasanya akan mudah hinggap pada seseorang dengan tingkat kekebalan tubuh yang lemah atau kurang fit, serta komsumsi makanan atau minuman yang sudah terkena bakteri salmonella.
Perlu anda ketahui Indonesia merupakan Negara yang kaya akan tanaman dan tumbuhan obatnya. Nah, sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan bahan alami salah satunya sabagai obat penyakit tipes. Dibawah ini beberapa obat penyakit tipes alami, diantaranya sabagai berikut.

Obat Penyakit Tipes Alami Pengobatan Tradisional

Bahan alami pertama untuk menyembuhkan penyakit ini bisa menggunakan buah sawo muda, caranya yaitu sabagai berikut.
  • Sawo muda 5 buah (cuci sampai bersih).
  • Setelah itu parut buah sawo sampai lembut.
  • Kemudian peras menggunakan air bersih.
  • Untuk anak-anak bisa meminum ramuan ini satu kali sehari selama 2 hari.
  • Sedangkan untuk orang dewasa bisa meminum ramuan ini selama 4 hari.
Obat alami yang bisa dicoba yaitu menggunakan timun segar, caranya yaitu ;
  • siapkan 2 buah timun segar, lalu parut sampai lembut. Kemudian saring perasan timun.
  • Minum ramuan ini sehari 3 kali sampai suhu panasnya menurun.
Berikutnya menggunakan bahan bumbu dapur yaitu kunyit, ternyata kunyit tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah tetapi bermanfaat untuk obat tipes. Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan kunyit 2 ruas jari cuci sampai bersih, lalu iris tipis kunyit.
  • Siapkan juga 20 lembar daun pegagan dan 11 lembar daun sambiloto, cuci bersih
  • Kemudian rebus semua bahan dengan menggunakan 4 gelas air, rebus sampai mendidih mejadi 3 gelas air.
  • Minum air rebusan tersebut sehari 3 kali, sampai kejala tipes membaik.
Menggunakan cacing tanah
Walaupun penampilannya membuat semua orang merasa geli tetapi manfaat yang terkandung dari cacing ini cukup ampuh untuk mengobati penyakit tipes. Berikut cara pengolahannya:
  • Siapkan cacing tanah 10 ekor, cuci bersih dan buang isi perut cacing.
  • Selanjutnya rebus cacing dengan air sebanyak 500 cc, rebus cacing tersebat salama 10 menit sampai mendidih.
  • Angkat dan biarkan sampai hangat-hangat kuku.
  • Minum ramuan tersebut sehari 3 kali.
Menggunakan kunyit atau kunir , ini mungkin sudah biasa anda dengar, dan ternyata memiliki banyak manfaat seperti untuk pengobatan tipes, hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba , anti kolesterol , anti HIV, anti tumor dan banyak lagi lainnya. Kandungan utama pada kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri, caral  pembuatan obat nya:

1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
2. Parut atau Jus ( tambahkan air secukupnya )
3. Rebus hingga mendidih 2 kali ( bisa ditandai dengan pemuaian air )
4. Tambahkan garam sedikit ( seujung sendok )
5. Saring dan Peras
6. Tuangkan perasan jeruk nipis ( 1-3 biji,sesuka anda )
7. Tambahkan Gula atau Madu
8. Minum ( dalam keadaan hangat )

Tanaman papaya untuk menyembuhkan tipes
Buah papaya tidak hanya enak dimakan tatapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain melancarkan pecernaan buah papaya juga bisa dijadikan obat, salah satunya sebagi obat tipus.
Caranya yaitu:
Siapkan buah papaya yang masih muda atau setengah matang, kemudian parut sampai halus daging buah papaya. Selanjutnya saring dan ambil airnya, minumlah ramuan ini setiap hari secara rutin sampai gajal penyakit tipus sembuh.
Tanamam daun keji beling
Caranya yaitu: siapkan 15 lembar daun keji beling yang sudah dibersihkan, siapkan juga air bersih 2,5 liter. Setelah itu rebus daun keji beling selama 20 menit, angkat dan biarkan hangat. Minumlah secara rutin 2 kali sehari sampai gejala tipus membaik.
Sampai disini dulu yaa pembahasan mengenai obat penyakit tipes alami. Semoga informasi cara mengobati penyakit tipes secara tradisional dengan menggunakan bahan herbal diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

1 komentar:

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami