Jumat, 03 Juni 2016

Buah untuk Penambah Darah yang Efektif Mengatasi Anemi


   Buah untuk penambah darah merupakan makanan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin. Dimana kadar hemoglobin dalam darah yang normal adalah 13,5 – 18 gram/dl untuk laki-laki dan 12 – 16 gram/dl untuk perempuan. Ciri-ciri anemia antara lain yaitu sering menderita sakit kepala, badan mudah lelah, konjungtiva mata terlihat pucat, rambut mudah rontok, ujung jari berwarna putih ketika ditekan, wajah terlihat pucat, jantung berdebat-debar, kekebalan tubuh menurun, dan sesak nafas. Menderita anemia pastilah sangat menggangu kesehatan dan kenyamanan dan dapat menurunkan produktifitas kerja.
Untuk mengobati anemia dapat menggunakan cara alami yang salah satu diantaranya yaitu dengan dengan mengonsumsi buah untuk penambah darah. Berbagai jenis buah mempuyai kandungan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan zat hemoglobin darah. Banyak factor yang dapat menyebabkan anemia, antara lain yaitu kurangnya asupan nutrisi pembentuk sel darah merah , kecapekan, factor genetic, perdarahan, stress, maupun akibat menderita suatu penyakit tertentu yang menyebabkan penurunan sel darah merah. Faktor hormonal juga dapat mengakibatkan terjadinya anemia, sebagai contohnya adalah yang terjadi pada wanita hamil atau wanita yang sedang mengalami menstruasi. Anemia jika dibiarkan belarut-larut dapat berakibat fatal, sehingga penting dilakukan penanggulangan sejak dini agar tidak bertambah parah.
Aneka Buah untuk Penambah Darah yang Efektif Mencegah dan Mengatasi Anemia
            Buah merupakan sumber utama vitamin dan berbagai mineral penting yang diperlukan oleh tubuh yang merupakan zat pengatur. Vitamin dan mineral mempuyai peranan penting dalam mengatur proses metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja hormone dan enzim, serta berperan dalam pembentukan sel-sel dalam berbagai jaringan tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah. Berbagai macam buah untuk penambah darah antara lain yaitu sebagai berikut :

1.     Jambu biji
Buah jambu biji sering digunakan sebagai bahan pembuat jus dan rasanya sangat enak. Jambu biji ada yang dagingnya berwarna merah dan ada juga yang berwarna putih. Untuk meningkatkan sel darah merah, akan lebih maksimal jika anda memilih jambu biji yang dagingnya berwarna merah. Jambu biji kaya vitamin C, vitamin A, vitamin B1, dan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobiia sehingga sangat berkhasiat sebagai buah untuk penambah darah. Buah ini juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar trombosit sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita demam berdarah.

2.     Mangga
Buah mangga merupakan buah yang kaya akan serat. Buah ini enak dikonsumsi baik sebagai jus maupun dikonsumsi  secara langsung. Kandungan yang tersimpan di dalam buah mangga antara lain asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K, dan berbagai mineral penting seperti zat besi, magnesium, kalsium, tembaga, mangan dan seng. Semua unsure vitamin dan mineral dalam buah mangga berperan dalam pembentukan dan penyerapan sel darah merah pada jaringaaan tubuh sehingga merupakan buah untuk penambah darah yang efektif atasi anemia.

3.     Jeruk
Buah jeruk merupakan buah untuk penambah darah karena mengandung nutrisi yang berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin B1, B3, B3, B5, B6, dan tentunya dikenal sebagai penghasil vitamin C dosis tinggi. Buah jeruk juga dikenal sebagai buah yang mengandung zat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi buah ini, selain dapat mengobati anemia, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, serta dapat menjaga kesegaran dan mempercantik kulit.

4.     Stroberi
Buah untuk penambah darah yang berikutnya yaitu buah stroberi. Buah ini juga kaya vitamin C. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh darah antara lain vitamin A, B1,B2,B3,B6. E,K, zat besi, mangan dan kalsium. Stroberi juga mengandung zat antosianin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Stroberi juga dikenal sebagai buah yang berkhasiat sebagai anti inflames, kaya serat, dan sering digunakan sebagai diet untuk menurunkan berat badan.

5.     Buah Naga
Buah naga juga merupakan buah untuk penambah darah karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12, dan berbagai mineral penting lainnya. Buah ini memang dikenal memiliki kaya manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk menyembuhkan anemia, akan lebih optimal jika anda memilih buah naga yang dagingnya berwarna merah. Dari warnanya saja yang terlihat sangat merah seperti darah sudah dapat dilihat bahwa buah ini memiliki zat pembentuk sel darah merah, dan dari penelitian bahwa buah yang memiliki warna yang tegas mempuyai kandungan zat antioksidan yang tinggi.

6.     Apel
Buah yang rasanya sangat enak juga merupakan buah untuk penambah darah. Bagi anda yang menderita anemia, disarankan untuk mengkonsumsi buah ini secara rutin. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah apel antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, zat besi, magnesium, kalsium, natrium, kalium, asam folat, seng, dan fosfor. Buah ini juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Buah ini juga dikenal sebagai buah yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ jantung.

7.     Alpukat
Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh. Lemak ini merupakan lemak baik yang justru dibutuhkan dalam metabolisme tubuh. Alpukat juga merupakan buah untuk penambah darah karena mengandung zat besi, kalsium, fospor, vitamin A, B1, C, dan berbagai mineral penting lainnya, Kandungan serat tinggi pada buah alpukat juga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.


Baca Artikel atau Informasi Terkait Tema Tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami