Selasa, 02 Agustus 2016

Lawan Sakit Maag dengan Kunyit

         Penyakit maag yang bisa menimbulkan luka pada system saluran cerna bagian atas dapat terjadi dari banyak factor. Obat-obatan semisal antibiotic atau obat anti nyeri, kemudian obat golongan kortikosteroid dan minuman berakohol adalah contoh yang dapat membuat luka pada lambung.
                Penderita maag juga perlu memperhatikan makanannya jika ingin berpuasa. Kurangi konsumsi makanan yang menyebabkan masalah pada asam lambung, seperti makanan pedas dan berlemak, cukup kebutuhan air putih saja. Bila perlu minum madu buatlah menjadi air madu, karena kepekatan madu juga perlu diperhatikan. Madu yang pekat justru tidak semakin baik untuk penderita maag, oleh karenannya perlu diencerkan dengan air yaitu membuatnya menjadi air madu.
                Tanaman obat yang baik untuk masalah gastritis adalah rimpang kunyit yang didalamnya terkandung kurkuminoida. Tapi perlu diketahui dosis dan kualitas ekstraknya. Uji klinis pada manusia sejumlah 440 pasien yang diberi ekstrak alcohol kunyit dosis 81miligram diberikan 2 kali sehari selama 2 minggu, terdapat bukti yang bermakna pada penurunan skor gejala hamper 84 persen padakeluhan mual, 71 persen keluhan muntah, 66 persen untuk keluhan nyeri dengan keseluruhan penurunan skor 66 persen.
                Ekstrak kunyit juga mempuyai efek anti bakteri. Efek gastroprotektifnya terjadi melalui efek antagonis selektif dan kompetitif terhadap reseptor H2, dan hambatan terhadap enzim siklooksiganese.
Herbal lain akar manis kandungan utama asam. Bila diberikan peroral dapat menurunkan ukuran dan jumlah lesi dan ulkus pada tikus yang diberi ibufprofen. Cara kerjanya terjadi melalui kemampuan menurunkan sekresi asam lambung , peningkatan mucus pada lambung dan jumlah prostaglandin. Uji klinis dengan menggunakan serbuknya dosis 3 gram 3 kali sehari selama 3 bulan pada 15 pasien dapat mengobati tukak lambung.Herbal lain yang bermanfaat untuk sakit maag adalah cincau hijau, fungsinya untuk melapisi lambung seperti sukralfat.


Baca Artikel atau Informasi Terkait Tema Tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami