Minggu, 09 November 2014

Kaki Sering Lemas Mendadak dan Mati Rasa

Kaki Lemas dan Mati Rasa

Pertanyaan:
Assalamu alaikum, umur saya 16 tahun, saya seorang perempuan. begini dokter, saya ingin bertanya kira-kira saya terkena penyakit apa?
Saya sering merang pusing dan sakit kepala yang terasa sangat sakit, kalau sakitnya datang yang bisa saya lakukan hanyalah menangis karena membuka mata saja bisa menamba rasa sakitnya, kadang-kadang juga kaki saya terasa sangat lemas. pernah saya bangun dari tidur awalnya ketika bangun saya tidak merasa kenapa-kenapa tapi beberapa saat sesudahnya ketika saya menuruni tangga tiba-tiba kaki saya langsung mati rasa, karena mati rasa otomatis kaki saya tidak bisa menopang tubuh saya jadi saya terjatuh. ketika jatuh saya tetap tidak merasakan sakit pada kaki saya. setelah cukup lama saya memukul-mukul kaki saya akhirnya kaki saya bisa berdiri lagi dan keesokan harinya saya baru merasakan sakit pada kaki saya dan ternyata kaki saya bengkak mungkin saja keseleoh saat terjatuh kemarin. saya sudah merasakan gejala ini sekitar 1 tahun lebih, tapi saya tidak pernah berkonsultasi dengan dokter bahkan orang tua saya tidak tahu. saya sangat takut jika terjadi apa-apa dan hal itu bisa membuat keluarga saya sedih.
Jawaban:
Wa’alaikumussalam



Perasaan kesemutan pada tungkai (kaki dan tangan) bisa dikarenakan karena:
1.Berkurangnya atau sedikit aliran darah ke anggota badan
Sehingga saraf mengalami semacam kekurangan makanan dan energi dan ini akan terasa seperti kesemutan. Jika semakin lama, akan terasa seperti mati rasa. Misalnya ketika anggota badan, tangan atau kaki tertekan atau terpencet sesuatu, saat duduk bersila, saat posisi kaki terjepit, maka kita akan merasakan kesemutan dan lama-lama bisa mati rasa
2. Karena ada gangguan pada saraf
Misalnya pada kasus stroke, gangguan pada saraf pusat sehingga mempengaruhi impuls/aliran ke saraf tepi pada anggota badan. Sehingga bisa menyebabkan gangguan saraf, maka timbulnya keluhan seperti kesemutan, mati rasa atau rasa nyeri bahkan anggota badan tidak bisa digerakan.
Atau bisa juga pada gangguan tulang belakang, di mana ada tulang belakan yang rapuh dan bermasalah sehingga menjepit saraf yang keluar dari tulang belakang tersebut.
Pada kasus anda, ada kemungkinan kuat terkena gangguan saraf. Mungkin ada gaggun dari tulang punggung yang mempersarafi bagian kaki. Sebaiknya anda periksakan, tidak perlu khawatir, karena dengan memeriksakan segera. Kita tahu jenis penyakitnya dan bisa ditangani dengan segera juga.
Semoga Allah memudahkan urusan kita
Dijawab oleh dr. Raehanul Bahraen (pengasuh kesehatan www.konsultasisyariah.com)
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!
KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami