Selasa, 18 November 2014

Tips kesehatan & Pengobatan Herbal "Jahe "

Jahe
       
 Sejak ratusan tahun lalu, jahe telah dikenal sebagai tanaman yang sangat kaya manfaat, baik sebagai rempah, bumbu maupun sebagai ramuan obat. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah zingiber officinale roscoe  ini aslinya berasal dari india. Jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa. Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah khatulistiwa seperti Asia tenggara, Brasil, dan Afrika.
         Tak sulit untuk menemukan jahe karena tanaman ini sekarang banyak digunakan di antaranya sebagai bumbu masak, pemberi aroma berbagai makanan dan minuman serta bahan obat-obatan tradisional. www.mandirimadani.blogspot.com
Jahe Dalam Ilmu Kedokteran Ala Nabi
          Allah telah memuliakan tanaman yang berumur panjang ini dengan menyebutnya di dalam Al-Qur’an, “di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (Al-Insan [76]: 17)
           Abu Nu’aim menyebutkan dari hadits riwayat Abu Said Al-Khudri, beliau berkata, “Kaisar Romawi memberikan sebuah hadiah kepada Rasulullah SAW berupa satu guci berisikan jahe, kemudian beliau member makan setiap orang dengan sepotong jahe, dan beliau juga memberiku makan sepotong jahe.”
            Jahe merupakan penghangat badan, membantu proses pencernaan makanan, melemaskan dan melancarkan system pencernaan perut secara seimbang, berkhasiat menghilangkan sumbatan-sumbatan dalam lever yang muncul pada cuaca dingin dan basah. Demikian pula ia berkhasiat menyembuhkan rabun mata, yang terjadi akibat cuaca yang basah dan lembab, baik dengan dikomsumsi maupun dengan dibuat celak. Jahe merupakan sebuah makanan dan suplemen yang berkhasiat meningkatkan stamina dalam bersenggama. Secara garis besar, jahe sangat bagus untuk lever dan lambung. Ia dapat menguraikan lender-lendir kotor, menyerap darinya menjadi panas dan kering, meningkatkan stamina tubuh dalam melakukan hubungan intim dan memperbanyak jumlah produksi sperma. Jahe juga berkhasiat untuk menghangatkan perut dan hati, membantu meningkatkan selera makan, menghilangkan lendir dan dahak yang banyak menggangu badan, menambah ketahanan tubuh, mengharumkan bau mulut, serta menangkal bahaya dan penyakit yang bisa muncul dari berbagai makanan.


Manfaat : Jahe untuk terapi kanker. Menambah nafsu makan. Menurunkan tekanan darah. Membantu pencernaan. Menurunkan kolesterol dan mencegah stroke. Mencegah mual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami