Senin, 23 Mei 2016

Ketahui Obat-obat Pemicu Asam Urat

Asam Urat adalah limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.  
Obat yang memicu Asam Urat :
  • Niacin yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.
  • Obat-obatan pereda tekanan tinggi lainnya, seperti obat penghambat saluran kalsium, obat penghambat enzim pengubah angiotensin, dan obat penghambat beta.
  • Aspirin.
  • Diuretik atau pil air, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga mengobati penumpukan cairan di dalam tubuh yang tidak wajar.
Asam urat bisa disebabkan oleh:
  1. Makanan penyebab penyakit asam urat : Makanan laut (kerang-kerangan dan ikan yang berminyak), Daging merah (daging babi, sapi, dan kambing).
  2. Riwayat kesehatan keluarga, Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa penyakit asam urat merupakan penyakit turunan.
  3. Minuman dengan kadar gula tinggi, Menurut sebuah penelitian, minuman ringan manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa sendiri merupakan zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.
  4. Minuman keras, Jenis minuman keras yang paling harus diwaspadai untuk menghindari serangan penyakit asam urat adalah bir dan spirit. Terutama bir, minuman keras ini juga mengandung purin yang tinggi. Sedangkan untuk wine, minuman keras ini tidak meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat secara signifikan asalkan diminum hanya satu atau dua gelas perhari.

Baca Artikel atau Informasi Terkait Tema Tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda dengan Daftar di Blog Kami